Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 25 November 2013

TUTORIAL MAIL MERGE ( SURAT MASSAL ) MS WORD 2010


TUTORIAL MAIL MERGE ( SURAT MASSAL ) MS WORD 2010
Mail merge adalah fasilitas microsoft word 2010 yang dipergunakan untuk membuat sejumlah surat secara bersamaan dimana surat akan dikirim atau dicetak dengan informasi penerima tiap surat berbeda.
Komponen yang harus dipersiapkan sebelum membuat mail merge adalah
a.       Surat induk ( master mail ) dengan format file microsoft word
b.      Sumber data ( data source ) yang berisi data penerima

Berikut adalah cara untuk membuat mail merge.
1.      Buatlah surat MASTER  seperti dibawah

PT. MEGA SOLUTION
Jl.Kemerdekaan No. 17 Surakarta Telp. (021) 75758
website: www.megasolution.com email: support@megasolution.com
Surakarta, 13 April 2013
No.      :
Lamp   :
Hal      : Undangan Rapat
Kepada Yth.
Bapak / Ibu


Dengan hormat,
            Sehubungan akan tutup buku pada bulan juni 2013, kami selaku pimpinan perusahaan memohon kehadiran bapak/ibu dalam acara rapat yang akan dilaksanakan pada :
            Hari                 : Sabtu, 20 April 2013
            Waktu             : Pukul 10.00 s.d selesai
            Tempat            : Aula Serbaguna
            Acara               : Persiapan dalam membuat laporan keuangan
            Karena pentingnya acara tersebut , kami mengharapkan Bapak/Ibu dapat hadir tepat waktu.



Hormat Kami,
Eka fajar M.Msci
Direktur

2.      Klik menu MAILINGS->START MAIL MERGE , pilih jenis mail merge letter seperti dibawah ini
Gb 1. Pilih jenis mail merge

3.      Simpan dokumen surat massal ini dengan nama file SURAT_MASSAL.docx pada lokasi D:\surat massal
Jika belum terdapat foldernya bisa dibuat terlebih dahulu
4.      Setelah jenis dan master mail sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat master data source yang berisi data penerima. Pertama klik MENU MAILINGS->SELECT RECIPIENTSpilih TYPE NEW LIST
Gb 2. Membuat data penerima

5.      Kemudian tampil area dimana kita akan memasukan data penerima, bila ada beberapa informasi dari data penerima yang tidak dibutuhkan kita dapat menghapusnya melalui CUSTUMIZE COLUMNS -> Delete
Gb 3 area data penerima                                                         Gb 4 menghapus kolom data penerima

Hapus semua kolom informasi penerima,kemudian klik ADDuntuk menambahkan kolom data penerima yang baru seperti gambar berikut
Gb 5 menambah kolom data penerima                         Gb. 6 nama kolom penerima yang ditambahkan

6.      Tambahkan kolom data penerima yang dibutuhkan pada master surat. Kita akan menambahkan informasi kolom data penerima surat yaitu no_surat,nama_penerima,alamat,kota klik Ok jika sudah selesai.
Gb 7 Kolom data penerima surat
7.      Kita tambahkan data penerima surat dengan mengisi data sesuai dengan kolom  data penerima surat. Untuk menghapus data kita bisa klik Delete Entrydan untuk menambah klik New Entry
Gb 8 memasukan data penerima surat

8.      Setelah data penerima telah selesai dimasukan langkah selanjutnya adalah menyimpan data tersebut ke dalam folder yang 1 lokasi dengan kita menyimpan file master surat yaitu di D:\surat massal dengan nama file data penerima
Gb 9 simpan data penerima

9.      Setelah data penerima berhasil disimpan maka menu mail merge akan aktif , langkah selnjutnya adalah menyisipkan kolom data penerima ke dalam master mail. Arahkan kursor ke area dimana kolom informasi penerima surat disisipkan sesuai dengan master mail

a.      Klik pada menu insert merge field kemudian pilih kolom infomasi penerima yang akan dimasukan contoh no_surat diletakan disebelah no surat pada master mail
Gb 10 menyisipkan data penerima


b.      Seperti pada gambar berikut :
Gb 11 hasil data yang telah disisipkan

10.  Setelah semua selesai disisipkan informasi kolom data penerima pada master mail maka kita bisa melihat hasilnya pada PREVIEW RESULTS  atau kita bisa klik FINISH & MERGEuntuk melihat hasil keseluruhan mail merge
Gb 12 melihat hasil mail merge



0 komentar:

Posting Komentar